Empal Gentong Dan Empal Asem


kuliner cirebon empal gentong

Empal Gentong

Empal Gentong Dan Empal Asem, ini dua-duanya kuliner khasnya Cirebon yang mempunyai citra rasa yang berbeda, yang satu dengan kuah bersantang ( empal gentong ) dan yang satu lagi dengan kuah yang bening tidak bersantan ( empal Asem ).

Kedua jenis empal ini banyak sekali di buru oleh para pecinta kuliner di Indonesia, karena memang empal gentong ini sangat terkenal maka tidak heran warung empal ternama di cirebonm ini selalu penuh di kunjungi para wisatwan luar kota.

Empal Gentong

Empal gentong adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat, dan sebenarnya makanan ini mirip dengan gulai (gule) akan tetapi sara dimasaknya dengan menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong (periuk tanah liat).

Isi dari dari makanan khas Cirebon Empal Gentong yaitu terdiri dari, Daging Sapi, Usus, Babat, Ati, Limpa, Paruh, kepala sapi dan jeroan-jeroan Sapi, selain menggunakan kayu bakar dan gentong dalam memasak, makanan ini disajikan menggunakan kucai (Chlorella sorokiniana) dan sambal berupa cabai kering giling.

Sesuai dengan namanya, empal gentong, daging dimasak di dalam gentong dari tanah liat selama lebih dari 10 jam, yang dimasak tidak terbatas hanya daging.

Empal Asem

kuliner cirebon empal asem

Empal Asem

Empal Asem? Ya, ini merupakan olahan empal (daging sapi) yang lain. Sepintas mirip seperti sayur sop, akan tetapi Empal Asem ini memiliki cita rasa asam yang segar dari kuahnya. Rasa asam ini dihasilkan dari belimbing wuluh dan asam jawa.

Potongan daging sapi ini akan bertemu dengan aneka bumbu seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang, merica, dan sebagainya dalam semangkuk hidangan empal asem. Kesegaran kuah empal asem ini memang patut diacungi jempol, apalagi dengan tambahan bubuk cabai pedas khas Cirebon.

Konon salah satu pelopor yang mempopulerkan Empal Asem ini adalah Empal Gentong Amarta, akan tetapi saya justru berkesempatan untuk menikmati kuliner ini di tetangganya: Empal Gentong H. Apud. Berada di ruas jalan yang sama, Empal Gentong dan Empal Asem H Apud ini memiliki tempat yang lebih luas.

Empal Gentong sendiri adalah makanan khas Cirebon dan berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Plered Cirebon, Penasaran juga dengan jenis makanan ini, datang ke kota kami di Cirebon, datang ke cirebon pasti Wisata Kuliner Dengan Empal Gentong Cirebon

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s