Makam Sunan Gunung Jati Di Cirebon


wisata religi di cirebonSyekh Sarief Hidayatullah atau dikenal dengan Sunan Gunung Jati adalah pemimpin kesultanan Cirebon yang pertama dengan wilayah kesultanannya dari Brebes, Jakarta sampai dengan Banten. Sunan Gunung Jati lahir pada tahun 1450 masehi tetapi ada juga yang mengatakan jika beliau lahir pada tahun 1448 Masehi.

Tokoh yang berperan sebagai pemimpin spriritual, sufi, mubalig, dan ulama ini wafat pada tahun 1568, saat usianya mencapai 120 tahun. Beliau kemudian di makamkan didesa astana, kecamatan gunung jati, kapupaten Cirebon. Makam Sunun Gunung Jati berada di sebuah kompleks pemakaman yang terletak diatas lahan seluas 5 hektar, dan dibagi menjadi 2 kompleks makam.

Kompleks utamanya adalah kompleks tempat makam sunan gunung jati berada, yaitu di gunung sembung, yang memuat sekitar 500 makam. Di lokasi ini, terdapat juga makam istri sunan gunung jati, yaitu Putri Ong Tien Mio ( Nyi Ratu Rara Semanding ), yang berasal dari negeri Cina. Putri Ong Tien Mio merupakan putri Kaisar Ong Gie dari Dinasty Ming. Jadi tidak heran jika begitu banyak keramik yang menghiasi kompleks pemakaman ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s